Image

(Pembaruan Mei 2020) dan yang lebih baru yang melakukan penginstalan bersih OS tidak akan lagi menghadapi masalah saat membuat partisi pemulihan
Microsoft telah memperbaiki masalah dengan partisi pemulihan di Windows 10 yang dimulai pada versi 2004

Partisi pemulihan adalah bagian penting dari penginstalan Windows dan digunakan untuk memulihkan sistem operasi saat muncul masalah.

Salah satu masalah utama dengan partisi pemulihan di Windows 10 adalah sering kali terletak di bagian paling awal drive. Partisi drive dimulai dengan partisi pemulihan, diikuti oleh partisi Windows utama. Masalah dengan struktur partisi ini adalah Windows tidak dapat memperluas partisi pemulihan, misalnya, saat sistem tidak memiliki cukup ruang untuk data yang diperlukan. Dalam kasus seperti itu, Windows membuat partisi pemulihan lain pada disk; Sistem produksi mungkin memiliki beberapa partisi pemulihan dan sedikit kemampuan untuk mencari atau menghapus partisi pemulihan lama.

Utilitas diskpart dan alat pihak ketiga dapat menghapus partisi pemulihan lama dari sistem operasi, dan beberapa program juga dapat membantu menambahkan ruang kosong ke volume yang ada. Sebagian besar pengguna komputer mungkin merasa tidak nyaman untuk menggunakan aplikasi ini, terutama jika Anda menganggap bahwa jumlah ruang disk yang tersedia minimal.

Jika dikonfigurasi dengan benar, partisi pemulihan terletak di belakang partisi sistem operasi. Beberapa pabrikan dan Microsoft sendiri melakukan ini untuk perangkat mereka. Tangkapan layar berikut diambil di Surface Pro 6.

Surface Pro 6
Microsoft sendiri menganjurkan agar produsen menempatkan partisi pemulihan tepat setelah partisi Windows di drive sistem:

Kami menyarankan untuk menempatkan bagian [partisi pemulihan] ini tepat setelah partisi Windows. Ini memungkinkan Windows untuk memodifikasi dan membuat ulang partisi nanti jika gambar pemulihan yang lebih besar diperlukan untuk pembaruan di masa mendatang.

Dimulai dengan Windows 10, versi 2004, Windows akan menggunakan struktur partisi yang benar untuk penginstalan baru. Informasi ini telah dikonfirmasi oleh karyawan dukungan Microsoft, meskipun perusahaan belum membuat pernyataan resmi.

Cara mendeteksi dan menghapus partisi pemulihan Windows lama
Bagaimana mendeteksi partisi pemulihan Windows
Anda dapat menggunakan alat Manajemen Disk untuk menampilkan daftar partisi pada sistem. Untuk membuka antarmuka utilitas, tekan Windows + X dan di menu administrator perangkat dan pilih "Manajemen Disk".

Jika Anda melihat beberapa partisi pemulihan, Anda dapat menghapus partisi lama. Bagaimana Anda menentukan bagian mana yang lama dan mana yang terkini, Anda bertanya?

Buka Command Prompt sebagai administrator, misalnya buka menu Start, ketik cmd dan untuk Command Prompt pilih Run as administrator.
Jalankan perintah reagentc / info, ini akan menunjukkan kepada Anda partisi pemulihan mana (jika ada) yang aktif.
reagentc / info
Klik kanan Start Menu, pilih Microsoft PowerShell (Admin) untuk membuka jendela PowerShell yang ditinggikan.
Masukkan perintah get-partition, ini menampilkan informasi tentang partisi, termasuk nomor partisi.
get-partisi
Yang tersisa hanyalah membandingkan jumlah partisi aktif yang Anda dapatkan saat menjalankan perintah reagentc / info dan partisi yang Anda dapatkan saat menjalankan get-partition.

Cara menghapus partisi pemulihan Windows lama
Anda dapat menjalankan diskpart dari prompt perintah sebagai administrator untuk menghapus volume apa pun dari partisi pemulihan yang tidak lagi digunakan. Ini dilakukan sebagai berikut:

Catatan: Kami menyarankan Anda untuk membuat cadangan lengkap dari disk sistem Anda sebelum menjalankan perintah manajemen partisi. Dalam hal ini, Anda dapat memulihkan sistem jika terjadi kesalahan.
Petunjuk: Mencadangkan dengan Acronis True Image 2020, AOMEI Backupper Standard, Macrium Reflect Free Edition, dan O&O DiskImage 15 Pro.
Buka Command Prompt sebagai administrator, misalnya buka menu Start, ketik cmd dan untuk Command Prompt pilih Run as administrator.
Masukkan diskpart untuk memulai alat manajemen partisi.
Masukkan pilih disk 0 untuk memilih disk pertama. Catatan: Drive 0 biasanya adalah drive yang benar, tetapi jika Anda memiliki lebih dari satu, Anda perlu memastikan bahwa Anda memilih drive dengan volume Windows.
Masukkan volume daftar untuk menampilkan semua volume yang tersedia.
Masukkan pilih volume x (di mana x adalah partisi pemulihan tidak aktif).
Masukkan hapus volume x untuk menghapus volume.
Ulangi proses untuk partisi pemulihan tidak aktif lainnya.
Berapa banyak partisi pemulihan yang ditemukan di sistem Anda?