Image


Geocell merupakan salah satu jenis kelompok dari geosintetik sama halnya seperti material geotextile, namun material geotextile memiliki jenis non woven dan woven geotextile. Geocell biasanya diaplikasikan dalam teknik perkuatan tanah. Material ini pertama kali dipakai oleh Insinyur Korps Angkatan Darat Amerika Serikat pada September 1975 untuk menguji kelayakan pembangunan pendekatan jalan ke jembatan di atas tanah lunak. 

Saat ini perkuatan tanah dengan menggunakan material geocell ini bukan hanya untuk perkuatan pada jalan saja tetapi dapat digunakan untuk struktur geoteknik yang berbeda seperti stabilitas lereng, tanggul, dinding penahan tanah, dan lainnya.

Geocell memiliki bentuk panel tiga dimensi yang ringan dan flexible yang dapat diperluas atau dikembangkan seperti alat harmonika. Material utamanya adalah High-Density Polyethylene (HDPE) strip yang diikat dengan cara ultrasonik sehingga didapatkan konfigurasi yang kuat. Berdasarkan permukaannya terdapat dua tipe Geocell yaitu halus (smooth) dan kasar (textured).

Mekanisme Geocell pada Perkuatan Tanah

Perkuatan tanah memanglah menjadi penting untuk diperhatikan. Perkuatan tanah dengan menggunakan Geocell menggunakan prinsip menahan gaya tarik tanah melalui mobilisasi resistensi gesekan antara geocell dan tanah. 

Mekanisme perkuatan dalam Geocell menyediakan semua penahanan yang bulat pada bahan berdasarkan sel-sel yang saling berhubungan. Akibatnya adalah bisa mencegah penyebaran lateral tanah pada saat beban di aplikasikan. 

Pada saat beban diterapkan, pijakan meningkatkan tekanan pada tanah sehingga memberikan tekanan pada membrane.

Peningkatan tekanan pada penahanan Geocell mampu meningkatkan ketahanan terhadap deformasi karena tanah dapat mengambil lebih banyak beban. Perlawanan interlocking dan gesekan antara tanah dan membran Geocell berkontribusi terhadap perlawanan deformasi tanah.

Aplikasi Material Geocell

Geocell saat ini sudah banyak digunakan untuk perkuatan pada tanah lunak. Geocell secara umum digunakan untuk meningkatkan daya dukung dan kekuatan geser dari tanah lunak di bawah berbagai jenis struktur teknik sipil. 

Geocell kini telah digunakan untuk berbagai struktur seperti tanggul, fondasi, dinding penahan, dan juga untuk stabilitas lereng. Apa saja pengaplikasian material ini?

Untuk Timbunan

Penggunaan material Geocell yang dipasang di atas tanah lunak bisa mengurangi penurunan dan peningkatan daya dukung tanah. Geocell ditempatkan di bawah tanggul setinggi 5 meter di atas tanah lunak dengan kedalaman 7 meter. 

Dengan kedalaman ini, mampu menghasilkan tegangan lateral yang kecil serta ditemukan penurunan yang berkurang hingga 50%.

Untuk Konstruksi jalan

Fungsi selanjutnya adalah untuk konstruksi jalan. Perkuatan dengan menggunakan geocell mengurangi tekanan vertikal yang ditransfer ke subgrade dengan mendistribusikan beban ke area yang lebih luas.

Geocell yang di pasang di bawah lapisan dasar kerikil pada konstruksi jalan yang diaspal dapat mengurangi tekanan vertikal pada tanah dasar sebesar 30% dan meningkatkan modulus lapisan dasar kerikil.

Sebagai Pondasi

Pemanfaatan geocell juga bisa digunakan untuk pondasi lho. Geocell pada pondasi dapat secara substansial meningkatkan daya dukung tanah pondasi dan mengurangi penurunan tanah.

Hal ini terjadi karena sifat dari geocell yang kuat dan memiliki daya tekan yang tinggi terhadap material di atasnya.

Untuk Penguat Jalan kereta api

Penahanan pada ballast jalan kereta api dengan menggunakan Geocell cukup efektif dalam mengurangi deformasi vertikal meskipun ketika penggunaan timbunan dengan kualitas yang rendah.

Sebagai Dinding Penahan Tanah

Geocell yang diaplikasikan pada dinding penahan tanah digunakan untuk membatasi tanah yang menghasilkan peningkatan kekuatan geser tanah dan mencegah kegagalan struktur. Keuntungan dari penggunaan geocell pada dinding penahan tanah yaitu dapat ditanami tumbuhan sebagai facing.

Proteksi lereng dan Erosi control

Geocell juga memiliki fungsi untuk melindungi lereng dari erosi dan memberikan pengurugan pada bahan pengisi. Geocell juga digunakan pada permukaan lereng yang penyebab erosi utamanya yaitu limpasan air hujan.

Demikian tadi penjelasan mengenai fungsi dan pengaplikasian geocell untuk proses konstruksi. Semoga bermanfaat!